Matematika
merupakan salah satu pelajaran yang kurang mendapat minat dari siswa.
Kebanyakan dari mereka (pelajar) tidak betah lama-lama belajar matematika.
Padahal, matematika adalah salah satu disiplin ilmu yang mengajarkan berbagai
hal yang dapat diterapkan secara langsung maupun tidak langsung.
Pertanyaan
berikutnya sebagai seorang guru adalah bagaimana membelajarkan matematika agar
menarik dan menyenangkan? Sebagai pendidik dewasa ini dihadapkan pada pilihan
untuk tidak terlalu aktif mengajar. Pendidik harus menjalankan tugasnya untuk
mendidik, menuntun siswa belajar. Peran pendidik sangat difokuskan pada
memotivasi siswa. Menurut Piaget, pengetahuan itu dibangun oleh pikiran pebelajar.
Sehingga membelajarkan siswa sesungguhnya adalah mengajak siswa belajar mandiri
dari pikirannya sendiri.
Sekarang akan
menjadi permasalahan ketika siswa dari awal sudah tidak suka matematika. Bahkan
phobia atau anti-matematika. Tugas guru sebagai motivator hampir sangat sulit
dilakukan. Disaat seperti inilah banyak pendidik yang mengalami kegalauan. Jika
diberikan belajar mandiri, siswa tidak bisa dan memerlukan banyak waktu.
Sehingga banyak dari mereka (pendidik) mengambil metode lama yakni mengajar di
kelas. Memang tidak ada salahnya. Mengingat keadaan kelas yang tidak
memungkinkan diterpkan metode yang konstruktivis.
Namun, sebagai
pendidik harus tetap berusaha mengajarkan sesuai tuntutan kurikulum. Era sudah
berubah. Pembelajaran yang lama seharusnya patut ditinggalkan. Untuk mengatasi
masalah tersebut, media pembelajaran adalah salah satu jawabannya. Media yang
dimaksud bisa berupa alat peraga matematika dan juga bisa berupa media
pembelajaran berbasis komputer.
Keunggulan media
pembelajaran ini sungguh besar efeknya. Salah satunya dapat memotivasi siswa.
Media pembelajaran yang baik dapat mengkonkritkan konsep matematika yang
abstrak. Sehingga siswa akan mendapatkan pengalaman belajar yang maksimal.
Pada era saat
ini, perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Dulu, teknologi merupakan suatu
barang mewah. Tetapi sekarang, teknologi sudah merupakan kebutuhan setiap
orang. Hampir semua orang sudah menggunakan teknologi. Dari hal tersebut, maka
haruslah dunia pendidikan juga berkembang. Salah satunya menggunakan media
pembelajaran berbasis komputer.
Saat ini sudah
sangat banyak media pembelajaran yang ada. Namun, tidak semua dapat membuat
siswa belajar. Sekarang pertanyaanya adalah media pembelajaran yang seperti apa
yang tepat diterapkan ke siswa sehingga dapat membelajarkan siswa?
Menjawab
pertanyaan di atas, penulis mencoba memaparkan sedikit pengalaman yang dimiliki
selama belajar membelajarkan matematika. Langsung saja, berikut ini adalah
ciri-ciri media pembelajaran yang baik.
1. Mudah Digunakan
Media
pembelajaran harus tidak membuat siswa bingung. Setidaknya ada petunjuk yang
jelas mengenai penggunaanya. Petunjuk yang cukup jelas dapat memperlancar siswa
belajar.
2. Tampilan Jelas dan Menarik
Sebuah media
pembelajaran harus memiliki tampilan yang jelas. Menggunakan warna-warna yang
sesuai dan kontras terhadap teks. Misalnya, background berwarna kuning, maka
teks nya usahakan berwarna gelap (biru gelap, hitam, ungu), jangan menggunakan
teks berwarna terang (merah, pink, hijau cerah, putih). Selain jelas, tampilan
juga harus menarik. Bisa menggunakan animasi, gamabar yang menarik. Tetapi
jangan berlebihan. Kelebihan animasi atau gambar akan mengurangi konsentrasi
siswa terhadap konsep.
3. Mendukung Komunikasi Dua Arah
Hal inilah yang
paling penting. Sebuah media haruslah dapat mendukung adanya komunikasi dari
siswa ke media dan dari media ke siswa. Kebanyakan media saat ini tidak
mendukung hal ini. Media yang ada lebih banyak menyampaikan informasi Seperti
menggantikan posisi guru di kelas. Padahal media yang baik harus dapat
membelajarkan siswa. Memberikan banyak pilihan kepada siswa. Sehingga siswa
mendapatkan pengalaman belajar yang cukup. Pengalaman yang cukup akan berefek
pada ingatan siswa yang tidak mudah hilang.
4. Menggunakan Audiovisual (Optional)
Audiovisual
artinya media tersebut menggunakan audio dan gambar. Hal ini dilakukan untuk
menampung kemampuan siswa yang beragam. Sebab terdapat beberapa tingkat
kecerdasan siswa. Ada yang cerdas di visual, ada juga yang lebih menonjol di
gambar.
Pada hakikatnya,
media pembelajaran harus bisa membantu siswa belajar melalui pikirannya
sendiri. :)
Judi Online Terbaik di Indonesia !! Menyediakan berbagai macam permainan Games online.
BalasHapusSabung Ayam (S128, SV388, dan CFT2288)
Sportsbook (Taruhan Bola, Olahraga, Finansial, Miss World)
Live Casino (Blackjack, Roullette, Baccarat, Bet On Numbers, Keno)
Multiplayer (Texas poker, Domino, Ceme, Capsa Susun)
Slots (Bumper Crop, Thunder Reels, Juice n fruits, Lucky Pirates dan Lain Lain)
Bolatangkas (88tangkas dan tangkasnet)
Togel klik dan Isin
www. sabungayam. pro
www. sabungonline. org
www. ayamsabungonline. com
www. sabung-online. com
www. sabung-online. net
www. sabung-online. org
www. onlinesabungayam. net
http://agenpialadunia2018-blog.logdown.com/posts/3906630-50-link-alternatif-terbaru-sbobet-2017-2018-di-bolavita
wechat : bolavita
line : cs_bolavita
whatup : 6281377055002
BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW
keren, terimakasih postingannya!
BalasHapusmantep abis kontennya bermanfaat
BalasHapus